Jenis Jenis Domain 5 Macam Domain Utama Yang Bernilai Tinggi

Ada berapa jenis domain di dunia ? Jumlah tepatnya tanpa batas , karena selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu . Namun untuk memperjelas pembahasan atas macam macam domain yang siap atau telah online di internet maka kami akan membaginya dalam beberapa pemisahan , ada beragam sudut pandang dalam memahami lebih rinci mengenai jenis domain dan bagaimana sisi perbedaan antara satu dengan yang lain. DIJUAL.WEB.ID akan menyajikan berdasarkan 5 sudut pandang yang saling berhubungan di bawah ini :

1. Jenis domain berdasarkan cara konsumen dalam memperolehnya

Secara umum hanya ada dua macam domain , yaitu domain gratisan dan domain premium dengan harga tertentu . Tentunya para pelaku usaha profesional tidak akan menggunakan domain domain gratisan , karena itu akan menurunkan kredibilitas mereka dimata konsumen. Contoh domain gratisan salah satunya adalah .co.nr atau cu.cc hingga co.vu . Untuk memperoleh domain tersebut maka tidak diperlukan pembayaran , bisa dipakai sebagai ajang latihan dalam mengelola domain bagi para pemula.

Untuk selanjutnya anda harus belajar mengeluarkan sebagian anggaran untuk membeli domain berbayar sesuai kebutuhan , tidak harus banyak , satu domain yang keren saja sudah cukup untuk dijadikan sebagai andalan. Harga pun terjangkau , per tahun tidak lebih dari 200rb , anda sudah bisa memiliki domain premium dengan akhiran dot com , .net .xyz atau ekstensi lain yang menawarkan kelemahan dan keunggulannya masing masing. Kuncinya pada fokus, konsistensi dan terus belajar dalam mengelola domain supaya jadi lebih baik dan bernilai bisnis

2 Macam Domain Berdasarkan Lokasi Negara di dunia

Di jagad internet ada ratusan nama ekstensi domain yang berhubungan langsung dengan negara tertentu . Domain domain pada jenis tersebut lebih dikenal dengan istilah country code top level domain atau sebagaian mengatakan dengan nama generic country top level domain. ccTLD dipakai sebagai kode khusus seperti .es untuk spanyol , .id untuk indonesia , .sg untuk singapura dan lain sebagainya

Setiap negara memiliki kode domain sendiri , termasuk jepang dengan dot jp (.jp) , lalu jerman dengan .de (dot de) , korea dengan .kr , malaysia dengan .my , belanda dengan .nl. Meskipun demikian penggunaan domain berdasarkan negara tertentu bisa dipakai oleh siapa saja selama memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh registry ccTLD pada masing masing negara.

3. Jenis Domain Berdasarkan Konektivitas Glogal (Generic Domain )

Domain pada kategori ini didominasi oleh ekstensi ekstensi yang muncul lebih awal dibandingkan yang lain . Salah satu yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh manusia di dunia adalah DOT COM (.COM) . Ini dijadikan sebagai favorit dan pilihan utama konsumen karena memiliki segudang keunggulan yang brandable dan marketable. Selanjutnya ada .NET , .ORG , .INFO , .TOP , .XYZ , .biz dan lainnya. Bahkan generic domain terus bermunculan hingga jumlahnya sudah lebih dari 1000 yang berbeda beda. Tetapi anda tak perlu bingung , karena cukup fokus pada satu saja , jika kebanyakan bisa membuat upaya yang dikerjakan mengalami kegagalan.

4. Macam Domain Sesuai Passion Atau Minat Tertentu

Jenis domain terus saja bertambah , tak terkecuali dengan ekstensi (akhiran) pada domain yang berbeda beda. Bagi anda yang suka dengan dansa maka boleh jadi terrtarik dengan ekstensi .DANCE , jika anda seorang guru , bisa menggunakan nama domain .GURU , suka dengan video video favorit bisa pakai domain .download ataupun .VIDEO .

Untuk saat ini hampir semua passion telah tersedia hingga domain domain berbau dewasa pun bisa didaftarkan oleh pengguna di seluruh dunia. Kuncinya bukan memperbanyak jenis domain yang akan digunakan tetapi fokus pada satu hal yang paling menarik bagi masa depan anda sendiri.

5. Macam Domain Berdasarkan Tingkat Keterbasan Tertentu

Ada banyak keterbatasan yang berlaku pada domain tertentu , misalkan untuk domain .gov (government) , .edu (dot education) atau kalau di Indonesia maka ada .go.id , .ac.id dan sejenisnya yang hanya bisa diperoleh oleh kalangan tertentu sehingga tidak bisa dimiliki secara bebas oleh sembarang pengguna. Prosesnya pun cukup rumit , karena melibatkan perijinan , dokumen pendukung hingga surat surat penjelas dari otoritas yang lebih tinggi. Sementara untuk domain pada jenis lain akan lebih mudah diperoleh dan berlaku prinsip siapa yang lebih cepat maka dialah yang lebih berkesempatan untuk mendapatkannya.

Selain pada masalah keterbatasan tadi , di dunia juga ada domain domain yang tidak mudah dimiliki karena terbentur dengan biaya yang sangat tinggi , misalnya domain domain dengan jumlah karakter terbatas dimana harganya bisa mencapai ratusan juta sampai milyaran rupiah.

Tentunya bagi pengguna personal sangat tidak memungkinkan untuk memiliki domain domain pada level high class dan top premium domain , pengguna personal cukup menggunakan domain yang bagus meski mungkin agak sedikit panjang. Para ahli menyarankan agar anda fokus untuk mendapatkan .COM dibandingkan domain lainnya dan dapatkan promo domain .com murah klik disini